Atraksi Budaya dan Panggung Hiburan Rakyat Semarakkan Rangkaian HUT Muna Barat Ke-10

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Muna Barat ke-10 dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Rangkaian kegiatan diawali dengan Jalan Santai yang terbuka untuk umum pada Sabtu (20/07/2024). Selanjutnya, Selasa (23/07/2024) berlangsung upacara peringatan Satu Dekade Muna Barat di Lapangan Wamelai Kecamatan Lawa.

Usai upacara, peserta dan masyarakat disuguhkan Atraksi Pogira Adhara atau Tarung Kuda. Atraksi ini merupakan warisan budaya Suku Muna yang masih lestari hingga kini. Pertunjukkan dimuali dengan masuknya sejumlah Kuda bersama pawangnya ke tengah lapangan. Kuda Betina dihadirkan sebagai pemantik pertarungan yang dipimpin oleh seorang pawang berpengalaman.  Pogira Adhara menjadi simbol pertahanan harga diri Suku Muna.

Dahulu, atraksi ini hanya dilakukan oleh para raja dan keluarganya. Masyarakat biasa hanya bisa menjadi penonton. Atraksi Pogira Adhara juga disuguhkan sebagai hiburan bagi tamu-tamu kerajaan. Namun, saat ini masyarakat biasa dapat menjadi peserta dan dipertunjukkan pada momen-momen khusus.

Kesokah harinya, Lapagan Wamelai kembali meriah dengan penampilan artis ibukota. Pemkab Muna Barat mengundang Kania Permatasari dan Fildan Rahayu untuk hadir menghibur masyarakat. Kania Permatasari yang merupakan jebolan Bintang Pantura 5 tampil membawakan lagu aneka genre. Artis asal Kota Bandung ini menyanyikan beberapa tembang diantaranya  Goyang Dumang, Cinderella, Cikini Gondangdia, dll.

Kania menghaturkan terima kasih kepada pemerintah Muna Barat yang telah mengundangnya untuk memeriahkan HUT Muna Barat ke-10. Selain itu, ia juga mengungkapkan harapan-harapan kebaikan untuk Bumi Laworo kedepannya.

Selanjutnya, Fildan Rahayu mengguncang Lapangan Wamelai dengan suara khasnya. Juara 1 Kontes D’Academy 4 tersebut tampil membawakan lagu-lagu yang menjadi ciri khasnya seperti Gerua, Koi Mil Gaya, Kuch Kuch Hota Hai, Tiara, Judi, dan Bento. Sebelum mengakhiri penampilannya, Fildan mengajak Pj. Bupati Muna Barat Laode Butolo dan beberapa pejabat lain untuk turut bernyanyi di atas panggung.

Sumber : Tim Liputan Diskominfo Mubar

Penulis : Staf Kominfo (Wa Ode Hasrana, A.Md)

Editor : Kabid Opini dan Aspirasi Publik (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggungjawab : Kadis Kominfo (Al Rahman, S.Pd, M.Si)

 

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram