Kominfo Muna Barat Perjuangkan Internet Masuk Sekolah Melalui BAKTI

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Tuntutan pemanfaatan teknologi internet telah merambah ke berbagai bidang termasuk dunia pendidikan. Sekolah yang merupakan lingkungan pendidikan memiliki banyak kebutuhan terkait internet seperti pembelajaran online, pelatihan online, dan kegiatan-kegiatan lain yang mengharuskan untuk terhubung dalam jaringan. Namun, pasokan internet belum bisa merambah hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Muna Barat.

Hal ini mengakibatkan sejumlah sekolah di Muna Barat kesulitan melaksakan kegiatan berbasis internet. Atas kondisi tersebut, Pj. Bupati Muna Barat La Ode Butolo meminta Kepala Dinas Kominfo agar mengunjungi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) guna menyampaikan usulan Internet Masuk Sekolah. Kadis Kominfo Muna Barat Al Rahman diterima secara langsung oleh Kepala Sub Divisi Infrastruktur Lasmile/ Bakhaul BAKTI-Kominfo RI Talib, S.Kom di Centerial Tower Lantai 46 BAKTI-Kominfo pada Kamis (04/07/2024). Dalam pertemuan tersebut, BAKTI memberikan respon positif atas usulan yang disampaikan dan akan melakukan tindak lanjut pada bulan Agustus mendatang.

Selanjutnya, Kadis Kominfo akan berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Muna Barat terkait sekolah-sekolah yang menjadi prioritas serta apa saja yang harus dipersiapkan. Salah satu syarat penting untuk mendapatkan akses jaringan internet adalah sekolah telah memiliki sumber daya listrik. Al Rahman mengungkapkan bahwa tidak hanya sekolah yang akan diusulkan tetapi juga kantor-kantor OPD dan kecamatan.

“Setelah itu tentunya kita akan koordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna Barat terkait sekolah yg menjadi prioritas untuk diusulkan. Termasuk juga kantor-kantor camat dan kantor dinas yang belum terakses dengan internet akan diusulkan sekaligus.” ungkapnya.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, SP, ST, MM menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Dinas Kominfo dalam memperjuangkan akses internet bagi sekolah-sekolah di Muna Barat. Ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah kami. Dengan adanya internet, siswa dan guru dapat mengakses berbagai sumber belajar secara online, mengikuti pelatihan, serta memperluas wawasan mereka.”

Sementara itu, Sekda Muna Barat, Drs. LM. Husein Tali, M.Si menambahkan, “Akses internet di sekolah-sekolah merupakan kebutuhan mendesak. Kami berharap BAKTI-Kominfo dapat segera merealisasikan usulan ini. Pemerintah daerah akan terus mendukung dan memfasilitasi segala persiapan yang dibutuhkan agar program ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Muna Barat.” pungkasnya.

Sumber : Dokumentasi Kominfo Muna Barat

Penulis : Staf Kominfo (Wa Ode Hasrana, A,Md)

Editor : Kabid Opini dan Aspirasi Publik (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggungjawab : Kadis Kominfo Mubar (Al Rahman, S.Pd, M.Si)

 

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram