Pj. Bupati Muna Barat Lakukan Sidak TPS3R

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) yang mengusung tagline Reduce, Reuse, Recycle (3R) telah beroperasi di beberapa wilayah Kabupaten Muna Barat. TPS3R merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum yang dialokasikan sejak tahun 2022 dan 2023. Bangunan TPS 3R tersebar di tiga wilayah yakni Kelurahan Waumere, Kecamatan Sawerigadi; Kelurahan Tiworo, Kecamata Tiworo; dan Desa Sidamangura, Kecamatan Kusambi.  Seluruh bangunan telah dihibahkan menjadi aset Pemda Kabupaten Muna Barat.

Sarana TPS3R melaksanakan pengolahan sampah organik yang bersumber dari sampah rumah tangga dan sampah pasar yang telah melalui proses pemilahan. Setelah pemilahan kemudian diolah menjadi pupuk organik yang kemudian dimanfaatkan untuk keperluan peningkatan produksi petani maupun rumah tangga. Pupuk organik merupakan produk bermanfaat yang ramah lingkungan.

Guna memantau pemanfaatan sarana TPS3R, Pj. Bupati Muna Barat didampingi Kadis Lingkungan Hidup melakukan inspeksi dadakan (sidak) pada Selasa (21/05/2024). Dalam kunjungannya, Pj. Bupati Muna Barat Laode Butolo menghimbau agar kelompok pengelola TPS3R berupaya maksimal memanfaatkan  sarana pengolahan sampah yang telah disediakan oleh pemerintah. Hal ini sebagai salah satu upaya mengurangi permasalahan sampah dan bernilai ekonomis.

“Kedepan upayakan untuk memanfaatkan pupuk organik yg dihasilkan oleh TPS3R ini terhadap peningkatan hasil produksi kelompok tani. Ini juga bisa dimanfaatkan di lahan pekarangan ataupun kegiatan PKK dalam upaya penataan lingkungan yg bersih dan indah ditingkat desa.” ujarnya

Lebih lanjut, Pj. Bupati mengharapkan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan. Beberapa cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia berlebihan dan pemanfaatan pupuk oragnik yang dihasilkan oleh TPS3R.

“Ini butuh komitmen bersama seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara mengurangi penggunaan pupuk kimia yg berlebihan dan memanfaatkan pupuk organik yang dihasilkan oleh TPS3R. Sampah tidak lagi dianggap sebagai musuh tetapi dipandang sebagai barang yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat jika dikelola dengan baik.” pungkasnya

Sumber : Tim Liputan Diskominfo Mubar

Penulis : Staf Kominfo (Wa Ode Hasrana, A.Md)

Editor : Kabid opini & Aspirasi Publik (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggungjawab : Kadis Kominfo (Al Rahman, S.Pd, M.Si)

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram