Pertama di Asia Tenggara, Indonesia Terpilih sebagai Tuan Rumah World Water Forum 2024

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Tahun 2024 Indonesia kembali mendaptakan kepercayaan dunia sebagai tuan rumah forum berskala internasional. Setelah tahun 2022 sukses menjadi tuan rumah G20, kini Indonesia dipilih sebagai tempat penyelenggaraan World Water Forum ke-10. Hal ini sekaligus menobatkan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara dan negara ke tiga di Asia yang menjadi tuan rumah dalam pertemuan internasional terbesar di sektor air tersebut.

World Water Forum pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997 di Kota Marakesh, Maroko. Selanjutnya dilaksanakan seiap tiga tahun sekali yakni  Tahun 2000 di The Hague, Belanda; 2003 di Kyoto, Jepang; 2006 di Meksiko; 2009 di Instanbul, Turki; 2012 di Marseille, Prancis; 2015 di Daegu-Gyeongbuk, Korea Selatan; 2018 di Brasilia, Brasil; dan 2022 di Dakar, Senegal. Kepercayaan sebagai tuan rumah didapatkan setelah pemerintah Indonesia  melakukan serangkaian upaya panjang sejak tahun 2019.

Mengusung tema Water for Shared Prosperity, Indonesia berharap melalui World Water Forum ke 10 dapat memperkuat kerja sama internasional dan mendorong inovasi dalam pengelolaan air yang berkelanjutan, sehingga air dapat menjadi sumber kehidupan dan kemakmuran bagi semua orang. Forum ini akan dihadiri oleh pemimpin negara, menteri, pemimpin daerah, akademisi, peneliti, hingga generasi muda yang akan saling bertukar pikiran.

Pemerintah Indonesi berharap posisi sebagai tuan rumah pelaksanaan World Water Forum ke-10 dapat memberikan manfaat:

  1. Memperkuat peran Indonesia dalam mengatasi isu air global
  2. Melahirkan berbagai komitmen dan kerjasama utk pengelolaan Sumber Daya Air yang berkelanjutan
  3. Meningkatkan investasi dan pengembangan ekonomi lokal dan pariwisata nasional

Sebanyak 112 negara dipastikan berpartisipasi dalam forum yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024 ini. Menghadirkan 1322 orang pembicara yang direncanakan mengisi 280 program dan sesi. Sekitar 17.000 orang ditargetkan menjadi partisipan dalam 10th World Water Forum.

Upacara pembukaan akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center 1 & 2. Venue lain yang digunakan selama kegiatan berlangsung antara lain Bali International Covention Center, Garuda Wisnu Kencana, Kuta Tsunami Shelter, Kura-Kura Bali, Pantai Melasti, serta Taman Bhagawan.

Usai seluruh rangkain acara, delegasi akan diajak mengunjungi dan menikmati keindahan Bali seperti Museum Air di Tabanan, Jatiluwih UNESCO World Heritage Site, Danau Batur Kintamani, dan Cultural Village Ubud. Panitia juga menyiapkan tiga lokasi obyek wisata melukat yakni Pura Tirta Empul di Tampaksiring, Penglukatan Mumbul di Abiansemal, dan Penglukatan di Jatiluwih Tabanan.

Kesempatan untuk menjadi delegasi terbuka bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Keterangan lebih lanjut dapat dibaca pada laman registrasi peserta 10th World Water Forum 2024

Sumber : Tim Liputan Diskominfo Mubar

Penulis : Staf Kominfo (Wa Ode Hasrana, A.Md)

Editor : Kabid Opini & Aspirasi Publik (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggungjawab : Kadis Kominfo (Al Rahman, S.Pd, M.Si)

 

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram