Kemenkominfo Gelar Workshop Penyebarluasan Informasi World Water Forum ke-10

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Kurang lebih 12 hari lagi, Indonesia selaku tuan rumah World Water Forum ke-10 akan menjadi pusat perhatian global. World Water Forum merupakan agenda tiga tahunan yang dilaksanakan oleh World Water Counsil atau Dewan Air Dunia. Gelar tuan rumah diperoleh setelah Indonesia unggul atas Italia dengan mengantongi 30 dari 35 suara pada saat bidding dalam Sidang Umum World Water Counsil di Dakar Senegal (19/03/2022) . 10th World Water Forum mengangkat tema Water for Shared  Prosperity.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar workshop bertema ‘Kolaborasi Pengelola Media Sosial Pemerintah dalam menggaungkan 10th World Water Forum 2024′. Workshop yang digelar di Hotel Aryaduta Bali pada Senin (06/05/2024) dihadiri oleh pengelola media sosial pemerintah pusat maupun daerah se-Indonesia. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong, S.Si., M.Si.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air  Ir. Firdaus Ali, MSc., PhD dan Pegiat Media Sosial Remon Pulungan. Selaku pembicara pertama, Firdaus Ali membuka dengan pemaparan tentang perubahan iklim yang memicu terjadinya bencana hidrometrologi. Hal ini tampak pada hujan deras terbesar sepanjang sejarah yang terjadi di Dubai dan Oman. Disisi lain, beberapa negara Asia Tenggara dan Asia Timur mengalami kenaikan suhu udara ekstrim hingga 48oC.

Kondisi ekstrim yang bertentangan ini menjadikan pelaksanaan World Water Forum ke 10 menjadi momen   sangat tepat untuk membicarakan tentang kondisi global saat ini. Terlebih air merupakan unsur penting yang akan mempengaruhi masa depan peradaban manusia sebab air adalah kebutuhan mahluk hidup maupun tidak hidup.

Lebih lanjut, Firdaus Ali mengungkapkan bahwa ada empat capaian yang diinginkan saat pelaksanaan World Water Forum ke-10 yaitu ditetapkannya peringatan Hari Kanal Sedunia, berdirinya pusat pelatihan air dan iklim, terdapat komitmen konkrit tentang apa yang akan dilakukan, serta pembangunan Museum Air di Tabanan Bali. Oleh sebab itu, Stafsus Menteri PUPR ini mengajak seluruh pengelola media sosial untuk mengambil peran aktif  untuk menyebarkan berita tentang pelaksanaan World Water Forum ke 10.

Pada materi kedua, Remon Pulungan selaku Pegiat Media Sosial membagikan tips dan trik membuat konten yang baik guna menggaungkan agenda World Water Forum ke 10. Para pengelola media sosial pemerintah yang hadir berkesempatan untuk berdiskusi secara offline maupun online dengan pemateri terkait pembuatan dan penyebarluasan konten. Remon mengingatkan bahwa kita harus bangga menjadi tuan rumah sebab isu air merupakan isu dunia. Oleh sebab itu Remon mengajak seluruh pengelola media sosial untuk berkolaborasi menggaungkan hal positif tentang Indonesia ke masyarakat dunia melalui media sosial.

 

Sumber : Tim Liputan Diskominfo Mubar

Penulis : Staf Kominfo (Wa Ode hasrana, A.Md)

Editor : Kabid Opini dan Aspirasi Publik (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggungjawab : kadis Kominfo (Al rahman, S.Pd, M.Si)

 

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram