Hadiri Pelantikan Pengurus IPSI Muna Barat, PJ Bupati Titip Harapan

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

DISKOMINFO.MUNABARAT. GO.ID- Aula Kantor Bupati Muna Barat menjadi saksi pengambilan sumpah dan pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Muna Barat pada Jumat (23/9/2022). Acara pelantikan dihadiri oleh PJ Bupati Muna Barat, Sekretaris Daerah, Kepala Dispora Muna Barat, Sekretrais umum Umum IPSI Sultra, dan jajaran pengurus IPSI Kabupaten Muna Barat.

Acara diawali sambutan oleh Sekretaris Umum IPSI Sulawesi Tenggara, Jainuddin Ladansa. Dalam sambutannya, Jainuddin memaparkan kondisi IPSI Sultra yang kini tengah dilanda krisis prestasi.

“IPSI Sultra mempunyai tugas berat dan seberat apapun beratnya kita akan jalankan dengan sebaik-baiknya. Jujur saja, prestasi silat di Sultra 7 tahun terakhir merosot turun. Terjun bebas tanpa terkendali. Sehingga IPSI harus puas dengan 1 medali perunggu di PON Papua kemarin.” ujarnya

Guna menanggulangi krisis tersebut, IPSI Sultra merumuskan visi Bersinergi, Berprestasi, dan Berbudaya. Bangkitnya IPSI tidak akan mampu hanya dilakukan oleh satu pihak. Butuh sinergi dari berbagai pihak agar cabang olahraga warisan leluhur ini bisa kembali menorehkan prestasi dalam berbagai kejuaraan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Bak gayung bersambut, pemerintah Muna Barat melalui sambutan Dr. Bahri, S.STP, M.Si selaku PJ Bupati mengukuhkan olahraga pencak silat sebagai salah satu dari dua cabang olahraga unggulan Muna Barat. Kedepannya pencak silat akan mendapatkan pendanaan penuh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pemilihan dua olahraga unggulan daerah merupakan aktualisasi atas  amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022. Pada pasal 35 ayat 2 Pemerintah Daerah kabupaten/kota wajib mengelola paling sedikit 2 (dua) cabang olahraga unggulan yang bertaraf nasional dan/ atau internasional. Hal ini sekaligus menjalankan PERPRES No. 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Jadi Insya Allah berdasarkan DBON kita harus menetapkan, mengintegrasikan DBON ke dalam dokumen perencanan sehingga melaksanakan perintah Undang-Undang Nomor 11 dan Perpres 86. Ini saya akan menetapkan bahwa olahraga yang full pendanaan dari APBD adalah 2 cabang olahraga yaitu pencak silat dan dayung” ujar PJ Bupati Muna Barat yang disambut tepuk tangan meriah.

Lebih lanjut Bahri menginstruksikan agar pengurus IPSI Muna Barat yang telah dilantik segera menyiapkan proposal. Konteksnya terdiri dari bagaimana memastikan pembinaan secara berkelanjutan. Menggantikan kebiasaan lama  dimana pembinaan hanya dilakukan menjelang kejuaraan.

Usai memberikan sambutan, Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri tersebut juga membuka secara resmi seleksi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Cabang Olahraga Pencak Silat Kabupaten Muna Barat. Seleksi dijadwalkan berlangsung sejak tanggal 23 sampai 26 September 2022. Hasil seleksi akan menentukan sejumlah atlet yang kelak mewakili Kabupaten Muna Barat dalam ajang Porprov  bulan November mendatang di Kota Bau-Bau dan Kabupaten Buton.(HAS)

 

Penulis : Staf Kominfo/ Teknisi Multimedia & Web (Wa Ode Hasrana, A.Md.Kom)

Editor : Kabid Pengelolaan Opini, Aspirasi Publik dan Informasi (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggung Jawab : Kadis Komunikasi, Informatika, statistik dan Persandian (Muh. Naazirun, S.Pd., M.Pd)

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram