Mubar Jadi Salah Satu Daerah Tujuan Sail To Indonesia 2022, Pj Bahri : Mari Kita Sukseskan Ini

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu daerah destinasi wisata yang akan dikunjungi para turis mancanegara “Sail To Indonesia” tahun 2022. Sebanyak 23 peserta Sail To Indonesia bakal memasuki selat Tiworo Muna Barat pada 2-5 September mendatang.

Pj. Bupati Muna Barat, Dr. Bahri mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara di Muna Barat dalam program Sail To Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah dengan julukan miniatur Indonesia ini.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Muna Barat. Beberapa Yach Really ini akan berlabuh di Selat Tiworo dan ini menjadi wadah promosi wisata kita yang bukan hanya nasional tetapi juga internasional,” ungkap Bahri saat dihubungi, Selasa, (30/08/2022).

Bahri menyebut ada beberapa tempat wisata yang bakal dikunjungi para yacher mancanegara itu selama empat hari di Mubar.

“Yakni rumah tenun Waulai dan Tugu Sarung, Permandian Matakidi, Permandian Wakante, Pantai Pajala, Pulau Gala, Desa Wisata Santiri, Pulau Indo, Benteng Tiworo, Pasar Lindo, dan Pelabuhan Tondasi,” bebernya.

Desa Wisata Santiri Muna Barat. Foto/Repro Triaspolitika.id

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri itu melanjutkan di beberapa tempat kunjungan itu, para turis akan disambut dengan pertunjukan budaya lokal.

Pulau Indo Muna Barat. Foto/Istimewa

“Akan ada pertunjukan kesenian lokal dan beberapa lomba kegiatan. Untuk kesenian ada pohule, perkelahian kuda, ewa Wuna (Silat Muna), Modero, Tari Linda, Tari Ngibi, Silat Manca, Kecapi, Gambus, Grambangan, Gamelan, Tari Bali, Kuda Lumping, dan Seni Tari Bugis. Untuk lomba ada lomba Po Ase, balapan perahu, lomba perahu biduk atau Dayung Sampan, Tarik Tambang Perahu Naga, Lomba Pidato tingkat SMA, Lomba Haji Ali, dan Lomba Egrang,” beber mantan lurah di Buton itu.

Untuk itu, Mantan Kabag Umum STPDN ini berharap seluruh elemen dan masyarakat untuk mensukseskan Sail To Indonesia di Muna Barat ini.

“Pemerintah daerah juga harus membuktikan diri bahwa kita sangat welcome kepada mereka. Kita ingin menyampaikan kesan kepada mereka di pemerintah daerah juga memastikan keamanan mereka, kemudian kita melayani mereka sebagaimana warga kita sendiri. Mari kita sukseskan kegiatan ini,” pinta Bupati.

Selain itu, Bahri juga menyampaikan agar kebersihan lingkungan menjadi salah satu fokus perhatian baik pemerintah khususnya kecamatan dan pemerintah desa.

“Saya juga ingatkan agar kebersihan lingkungan diperhatikan agar wisatawan bisa terkesima dan nyaman, terutama sampah plastik pada lingkungan rumah maupun lingkungan perairan atau pesisir,” tutupnya.

sumber:https://bondo.id/mubar-jadi-salah-satu-daerah-tujuan-sail-to-indonesia-2022-pj-bahri-mari-kita-sukseskan-ini/

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram