Rangkaian Pelaksanaan MTQ ke-V dan MTQ KORPRI 2024 Tingkat Kabupaten Muna Barat

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-5 Tingkat Kabupaten Muna Barat dirangkaikan dengan Festival LASQI Berskala Kecil dan MTQ Korpri Muna Barat berlangsung sejak tanggal 1 sampai dengan 6 Maret 2024. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa. Pembukaan diawali dengan pawai taaruf yang diikuti oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Sekolah, dan masyarakat Kabupaten Muna Barat. Adapun cabang lomba yang dipertandingkan antara lain :

MTQ ke-5

  1. Cabang Tilawah Al-Qur’an : Golongan Tartil Al-Qur’an, Golongan Tilawah Anak-anak, Golongan Tilawah Remaja, Golongan Tilawah Dewasa, Golongan Qira’at Mujawwad, Golongan Qira’at Murattal Remaja, Golongan Qira’at Murattal Dewasa
  2. Cabang Hifzh Al-Qur’an : Golongan 1 Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz dan Tilawah, Golongan 20 Juz dan Tilawah, Golongan 30 Juz
  3. Cabang Khat Al-Qur’an : Golongan Naskah, Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Dekorasi, Golongan Kaligrafi Kontemporer
  4. Cabang Syarh Al-Qur’an
  5. Cabang Fahm Al-Qur’an
  6. Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an
  7. Cabang Bintang Vokalis : Golongan Anak-Anak, Golongan Remaja, Golongan Dewasa
  8. Cabang Pop Religi : Golongan Anak-Anak, Golongan Remaja, Golongan Dewasa
  9. Cabang Qasidah Klasik

MTQ Korpri

  1. Cabang Seni Baca Al-Qur’an yang terdiri dari Golongan Tartil Al-Qur’an dan Golongan Tilawah
  2. Cabang Hafalan Al-Qur’an yang terdiri dari Golongan Juz 30,
  3. Cabang Dakwah Islam terdiri dari Golongan Khutbah Jumat, Golongan Dakwah Al-Qur’an, Golongan Do’a,
  4. Cabang Karya Tulis terdiri dari Golongan Makalah Ilmiah Al-Qur’an
  5. Cabang Kaligrafi Al-Qur’an terdiri dari Golongan Dekorasi dan Golongan Kaligrafi Kontemporer

Pengumuman juara dilaksanakan saat acara penutupan MTQ Ke-5 dan MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Muna Barat Tahun 2024. Acara penutupan berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Rabu (06/03/2024). Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Muna Barat diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Ibrahim Rasimu, M. Si membacakan sambutan sekaligus  menutup pergelaran MTQ Ke-5 dan MTQ Korpri Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Muna Barat.

Asisten I menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke-V. Juga kepada seluruh masyarakat Muna Barat yang telah berpartisipasi dan mendukung penuh dalam pelaksanaan MTQ.

Ibrahim Rasimu juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan ikhtiar nyata pemerintah daerah bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Muna Barat dalam rangka meningkatkan minat dan kemampuan membaca dan memahami kandungan Al-Quran. Asisten 1 juga berharap agar MTQ tidak sekadar menjadi ajang seremonial tetapi berdampak pada kehidupan sehari-hari terutama dalam meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an.

Tampil sebagai juara umum antara kecamatan pada MTQ ke-5 yakni Kecamatan Kusambi dengan Nilai 80. Juara kedua diraih oleh Kecamatan Sawerigadi dengan nilai 38. Juara ketiga yaitu Tikep dengan perolehan nilai 36. Juara harapan I ditempati oleh Kecamatan Lawa dengan jumlah nilai 31.

 

Sumber : Tim liputan Diskominfo Mubar

Penulis : Staf Kominfo (Wa Ode Hasrana Mizana Ishak, A.Md)

Editor : Kabid Opini & Aspirasi Publik (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggungjawab : Kadis Kominfo (Al Rahman, S.Pd, M.Si)

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram