Pameran Produk Unggulan dan Talkshow Semarakkan Rangkaian HUT Sultra  Ke-60

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pariwisata menggelar Pekan Produk Unggulan di kawasan Tugu Religi eks MTQ Kota Kendari, 23-25 April 2024. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara ke-60 sekaligus sebagai ajang bagi pemerintah kabupaten/kota untuk memperkenalkan produk unggulan dari daerahnya masing-masing. Sebanyak 17 kabupaten/kota se Sulawesi Tenggara dan 5 UMKM berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan Pekan Produk Unggulan juga dilaksanakan talkshow yang berkaitan dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Talkshow diselenggarakan pada hari kedua pelaksanaan Pekan Produk Unggulan (24/04/2024). Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara menghadirkan pembicara yang kompeten dari berbagai bidang. Acara talkshow terbagi dalam dua sesi yang berlangsung pada pukul 20.00 – 22.00 WITA.

Sesi pertama menghadirkan pegiat kerajinan tangan yang tergabung dalam Komunitas Crafter Sultra. Komunitas ini menjadi wadah bagi pecinta kerajinan tangan di wilayah Sulawesi Tenggara. Komunitas Crafter Sultra memiliki sebuah brand bernama SerArt yang hadir untuk memberikan produk kerajinan tangan ramah lingkungan. Dengan menggunakan 100% pewarna alami tanpa penambahan pewarna sintetis apapun dan menggunakan bahan serat alam.

Produk SerArt dibuat menggunakan teknik Ecoprint yakni proses mentransfer warna dan bentuk ke atas kain atau media lain melalui kontak langsung antara bahan media dan warna alam. Ecoprint dapat dilakukan di mug kearmik, kain, syal atau selendang, dompet, tas, dan outwear.  Jika ada yang tertarik untuk membeli produk ecoprint karya pengrajin asal Sulawesi Tenggara, produk dapat dibeli secara langsung di stand Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara selama pameran berlangsung. Bisa juga melakukan pemesanan dengan mengunjungi laman instagram @serart_id.

Sesi kedua talkshow menghadirkan empat pembicara dari instansi yang memiliki keterkaitan dengan UMKM. Hadir sebagai pembicara pertama, Berty Novaria selaku Analis Yunior Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dari Bank Indonesia. Berty memberikan edukasi tentang transaksi menggunakan QRIS. Hal ini dapat memudahkan pelaku UMKM dalam mencatat transaksi dan memperkecil resiko kehilangan uang tunai.

Pembicara kedua, Dr. Hidayat, S.IP., SH., M.Si selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM  menjelaskan tentang pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi UMKM. Para pelaku usaha hendaknya mendaftarkan produknya agar memiliki HAKI. Ini berguna untuk melindungi pelaku usaha dari kemungkinan penggunaan hak miliknya tanpa izin. Permohonan pendaftaran HAKI dapat dilakukan melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, Rusdfandi, S.ST,  Sekretaris Jaminan Produk Halal (JPH) dari  BPJPH Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai pembicara ketiga mengingatkan kepada pelaku usaha agar melakukan proses sertifikasi halal. Data mengejutkan bahwa di Sulawesi Tenggara berdasarkan data BPJPH hanya ada dua tempat penjualan makanan yang tersertifikasi halal. Sedangkan Rumah Potong Hewan (RPH) belum ada yang mengantongi sertifikasi halal.

Adapun pembicara keempat adalah Isra Al Nur, S.STP., SH., M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kabid  Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan. Isra Al Nur memaparkan tentang pentingnya pendafataran penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis resiko. Saat ini pemerintah menyediakan platform OSS (Online Single Submission) sebagai Sistem Perizinan Berusaha yang terintegrasi secara elektronik. Pelaku usaha diharapkan memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha).

 

Sumber : Tim Liputan Diskominfo Mubar

Penulis : Staf Kominfo (Wa Ode Hasrana, A.Md)

Editor : Kabid Opini dan Aspirasi Publik (Wa Ode Rahmatia, SP)

Penanggungjawab : Kadis Kominfo (Al Rahman, S.Pd, M.Si)

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram