Masuk Nominasi TPID Awards, Pemkab Mubar Diundang ke Jakarta

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

KOMINFO. MUNA BARAT. GO. ID Dinilai memiliki inovasi dalam pengendalian Inflasi, Kementerian Dalam Negeri mengundang Pemerintah Kabupaten Muna Barat untuk mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi  dalam rangka memperkuat sinergi dan meningkatkan inovasi untuk mengendalikan inflasi daerah menuju ketahanan Pangan Nasional yang berkelanjutan di Istana Negara Jakarta, Kamis, (31/8/2023).

Kegiatan Rakornas akan dirangkaikan dengan penganugerahan Tim Pengendalian Inflasi daerah (TPID) Awards. Muna Barat menjadi salah satu dari 30 daerah yang masuk nominasi TPID Awards. TPID Awards adalah ajang Kemenko Perekonomian untuk memberikan apresiasi/ penghargaan kepada daerah yang berhasil mengendalikan inflasi dengan beberapa parameter.

TPID adalah tim yang dibentuk oleh Pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi didaerahnya. TPID berfungsi untuk memonitor dan menganalisis pergerakan harga dipasar, serta melakukan tindkan-tindakan preventif dan korektif untuk mengendalikan inflasi.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muna Barat diketuai oleh Sekda Muna Barat Dr. LM. Husein Tali, M.Si beranggotakan Asisten II, Inspektorat Daerah, Bagian Ekonomi Setda Mubar, Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Dinas Perindag, Bulog, BUMD serta pihak terkait lainnya.

Sekda Muna Barat menyatakan bahwa TPID Muna Barat telah melaksanakan seluruh intruksi dari Presiden 6 upaya konkrit dalam rangka pengendalian inflasi.

“ kami telah melaksanakan operasi pasar murah dibeberapa titik, melaksanakan sidak pasar dan distributor, kerjasama antar daerah dalam hal ini Kab. Enrekang dan Bima, Gerakan menanam tanaman panen cepat seperti  cabai dan bawang, merealisasikan BTT dan dukungan subsidi transportasi dari APBD yaitu subsidi angkutan umum darat dan laut, tuturnya.

Lebih lanjut Husein Tali menyatakan bahwa keberhasilan TPID Kabupaten Muna Barat tidak terlepas dari arahan dan dukungan dari Penjabat Bupati Muna Barat Dr. Bahri, S.STP, M.Si “Dengan pengalaman beliau sehingga walaupun kemampuan finansial daerah yang terbatas beliau bisa melahirkan  kebijakan-kebijakan untuk mengoptimalkan kinerja seluruh jajaran Pemerintah Muna Barat termasuk kinerja TPID” sambungnya.

Kabag Ekonomi Setda Nurtin, SP  menjelaskan bahwa pengukuran kinerja TPID didasarkan atas pembobotan dari beberapa aspek penilaian.  Pemenang TPID nantinya ditetapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sebagai Ketua Tim pengendalian Inflasi Pusat (TPIP).

“Mengenai Muna Barat masuk dalam kategori apa nanti diumumkan saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2023 besok” ungkapnya.

 

Sumber : Tim liputan Diskominfo

Penulis  : Kabid Peng. Opini & Aspirasi Publik (Wd.Rahmatia, SP)

Editor &Penanggung Jawab : Kadis Kominfo (Al Rahman, S.Pd., M.Si)

bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Profil Kepala Dinas

AL RAHMAN, S.Pd., M.Si

Kepala Dinas Kominfo

Informasi
Infografis
« dari 3 »
Instagram